Hiburan OKUT

Wisata Alam Bukit Batu Mencar Jaya di Kabupaten OKU Timur

Pemandian alam bukit Mencar yang terletak di wilayah kecamatan Jayapura kabupaten Ogan Komering Ulu merupakan tempat wisata tren bagi masyarakat Martapura terutama bagi kaula muda.

Air pemandian bukit mencar berasal dari cela cela bebatuan besar pegunungan dari wilayah lampung yang keluar secara alami dan uniknya walaupun di musim kering air di pemandian ini tidak pernah kering.dan air ini terasa sangat dingin menyegarkan sangat pas untuk di jadikan tempat liburan keluarga.

Surga tersembunyi dari pesona wisata alam yang berlokasi di Dusun VI Bukit Batu Desa Mendah Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur cukup mengesankan. Meski berada di perbukitan dan jauh dari laut, namun air yang ada di lokasi tersebut terasa asin layaknya air laut. Selain air yang berasa asin, di sekitar lokasi tersebut juga terdapat mata air panas yang mengeluarkan gelembung.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, adanya gentongan Bukit Batu berawal dari legenda seorang lelaki paruh baya yang belum pernah menikah. Dia berkeinginan untuk melamar seorang gadis yang berlokasi di dusun bukit batu dengan syarat harus mengumpulkan mata dari rusa sebanyak satu gentong. Namun sebelum syarat terpenuhi, lelaki tersebut terlebih dahulu meninggal dunia.

Kepala Dusun VI Bukit Batu Hambali (35) ketika dibincangi membenarkan adanya legenda yang hingga saat ini masih utuh tersebut.

Namun sayangnya kata dia, pesona wisata alam yang ada di lokasi tersebut sulit untuk dijangkau karena jalan yang tidak memadai sehingga pesona wisata yang ada tidak maksimal.

Menurut Hambali (35) masyarakat hingga saat ini belum menemukan jawaban penyebab air yang keluar dari dalam batu berbentuk gentong tersebut terasa asin. Selain itu, meskipun musim kemarau air dalam batu tersebut juga tidak pernah mengering. Demikian juga saat musim penghujan, air tersebut tidak akan tumpah keluar.

Sedangkan Saiti (48), warga lainnya mengatakan sejak beberapa tahun lalu cukup banyak pengunjung yang datang menikmati pesona gentongan tersebut.

Namun jumlahnya tidak terlalu signifikan karena jarak dan akses jalan yang sulit menyebabkan hanya orang tertentu saja yang bisa mencapai lokasi tersebut. Dia berharap pemerintah OKU Timur memperhatikan daerah tersebut yang memiliki berpotensi wisata dengan mempermudah akses jalan.

saat memasuki libur sekolah banyak war ga yang mendatangi lokasi wisata air tersebut. Ridho, pengunjung lokasi wisata Mencar mengatakan, setiap libur dia dan sejumlah temannya selalu mengunjungi tempat wisata itu. Pengunjung bisa mandi air terjun yang sangat jernih. ”Airnya jernih, tempatnya juga cukup indah tidak kalah di bandingkan dengan lokasi wisata lainnya,” ungkapnya, kemarin.

Setiap masa liburan sekolah Bukit Mencar ramai didatangi pengunjung. Tidak hanya wisa tawan dari Martapura dan sekitarnya, tapi ada juga dari luar kota atau daerah. Menurut Ridho, lokasinya Bukit Mencar sangat alami dan tepat untuk menghilangkan kejenuhan setelah penat akibat rutinitas.

Meskipun objek wisata ini agak tersembunyi jauh sekitar 50 menit dari pusat kota Martapura namun pengunjung tidak pernah surut datang ke sini untuk bersantai menikmati langsung gemericik air yang jatuh ke kolam pemandian yang menjadi idola muda mudi warga setempat.akan membuat anda ketagihan untuk berkunjung ke sini karena pengunjung objek wisata ini akan suguhi keindahan yang sangat luar biasa.

Objek wisata pemandian alam mencar jaya memang belum dikenal banyak oleh para wisatawan lokal apalagi mancanegara seperti objek wisata lainnya untuk itu warga sekitar berharap pengelolaan yang memadai oleh pemerintah setempat seperti akses menuju objek wisata dan sarana penunjang yang di perlukan di sekitar lokasi.sehingga akan menciptakan lapangan kerja baru dan membantu pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

Akses menuju tempat wisata bukit mencar jika anda dari arah kota Palembang anda bisa langsung menuju kabupaten Ogan Komering ulu Timur atau kota Martapura mengendari mobil selanjutnya anda menuju kecamatan Jayapura selanjutnya anda bisa bertanya akses menuju Desa Lingut yang merupakan tempat wisata pemandian bukit Mencar jaya.

Di perjalanan menuju objek wisata mencar anda akan merasakan tantangan demi tantangan seperti jalan bergelombang dan berlubang tetapi setelah memasuki kawasan wisata pengorbanan anda di perjalanan akan di bayar lunas oleh pesona pemandangan yang luar biasa.

Tiket masuk ke area wisata masih tergolong murah untuk pengunjung akan di kenakan biaya sekitar 5000 per orang tergantung hari libur,begitu juga parkir kendaraan 2000 untuk motor dan 5000 untuk mobil di sini juga tersedia penitipan helm untuk satu buah helm di kenakan biaya 2000. *red: IC

Share This:

Leave a Reply