Teknologi

Waspada 3 Algoritma Google

googleSiar Indonesia, Bagi anda yang memiliki bisnis online dengan menggunakan media situs atau website, anda perlu waspada pada 3 algoritma google yang sering menjadi momok bagi pebisnis. Sebenarnya, ketiganya bukan hal yang menakutkan karena kuncinya cukup sepele. Hanya, kadang karena ambisi atau karena masih pemula, warning ketiganya diabaikan. Berikut ini informasi ketiganya yang berguna untuk anda.

Pada kursus seo kilat yang dilakukan di Surabaya, saya mendapat banyak pertanyaan tentang cara antisipasi peubahan algoritma. Dan semua sepertinya ketakutan atas metode google ini. Adapun ketiga algo yang jadi momok adalah:

  1. Hummingbird. Algoritma ini memandang isi situs secara menyeluruh. Jika ada artikel yang isinya itu-itu aja, maka menjadi musuh bagi metode ini. Contohnya: di dalam situs berisi artikel jasa penerjemah jakarta utara, jasa penerjemah jakarta selatan, jasa penerjemah jakarta timur. Maka algoritma ini menjerat anda dengan indikasi membidik keyword: jasa penerjemah atau jasa penerjemah jakarta.
  2. Panda. Algoritma ini memandang kualitas isi artikel. Jadi jika ditemukan jejak copas, maka menjadi musuh berat si panda.
  3. Penguin. Jika anda sengaja membombardir website dengan banyak backlink apalagi dengan membidik keyword yang itu-itu saja, maka algoritma penguin menjadi algojo bagi situs anda.

Ketiga algo inilah yang sering merontokkan posisi situs di mesin pencari. Bahkan sudah banyak situs besar dunia yang terjerat salah satu dari algoritma ini. Dan untuk terhindar, sebenarnya simple saja. Asalkan tulisan artikel anda berupa tulisan sendiri walaupun topiknya sama dengan orang lain ya gak masalah. Toh, dengan gaya bahasa berbeda. Dan anda tidak perlu mencari backlink sebanyak-banyaknya. Cukup 2 hingga 3 backlink yang mengarah ke artikel sudah cukup. Yang penting pastikan pagerank tinggi, dari dalam artikel dan tema artikel mendukung. Dan yang utama adalah metode link-nya jangan membidik keyword. Lebih aman membidik judul artikel. Simple, nukan?

Share This: