Politik

Tifatul Sembiring: KPU Wajib Mengumumkan Hasil Pilpres Sesuai Jadwal

Tifatul Sembiring

Siar Indonesia, Jakarta – Anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Tifatul Sembiring mengatakan Komisi Pemilihan Umum wajib mengumumkan hasil pemilihan presiden dan wakil presiden sesuai waktu yang ditentukan, yakni Selasa (22/7/2014). Apabila nantinya ada yang merasa menemukan masalah terkait proses pilpres, dia menyarankan untuk mengajukan ke Mahkamah Konstitusi.

“Saya berpendapat memang tenggat waktu ini KPU berkewajiban mengumumkan siapa pun pemenangnya, dan kalau ada masalah-masalah yang terkait proses pilpres ya kita ajukan ke MK saja,” kata Tifatul di Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014).

Tifatul tak mempersoalkan rencana kubu calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang akan menolak rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU. Dia mencontohkan, pada pemilu 1999 lalu PKS pernah menolak hasil pemilu.

“Kami saja pernah menolak dulu tahun 1999, bahkan kami nolak hasilnya. Kami tuntut dulu ke — waktu itu yang menyelesaikan pengadilan — belum ada MK. KPU yang memutuskan akhirnya,” kata mantan Presiden PKS ini.

Kemarin kubu Prabowo-Hatta meminta KPU tidak melanjutkan proses rekapitulasi penghitungan suara secara nasional. Musababnya, capres-cawapres yang diusung oleh koalisi Merah Putih ini mencium adanya kecurangan secara masif.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Idrus Marham, di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (20/7/2014) kemarin. Menurut Idrus, dalam rapat internal yang dilakukan kemarin pihaknya banyak mendapat masukan dari tim pemenangan di Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Atas dasar itulah tim Prabowo-Hatta meminta Komisi Pemilihan Umum tidak melanjutkan rekapitulasi penghitungan suara secara nasional.

“Kami meminta KPU Pusat yang saat ini melakukan rekapitulasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang telah direkomendasikan Bawaslu, dan tidak melanjutkan rekapitulasi suara sebelum menyelesaikan masalah yang ada,” kata Idrus.

Sumber: Detik.Com

Share This: