Jakarta Olahraga

Sambut Asian Games 2018, SU GBK Dipastikan Lebih Modern dan Kekinian

Jakarta – Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) masih dalam tahap renovasi menyambut Asian Games 2018. Stadion itu bakal lebih modern nantinya.

Sejumlah delegasi teknik cabang olahraga Asian Games 2018 meninjau kesiapan empat venue, Sabtu (4/3/2017) petang. Salah satunya, singgah di SU GBK.

Usai peninjauan mereka menilai perkembangan renovasi SU GBK cukup bagus. Saat ini stadion yang dibangun menjelang Asian Games 1962 itu hampir menyelesaikan pekerjaan penutupan lantai tribun penonton baru kemudian tahap pemasangan kursi.

Project Manager SUGBK Wikrama Wardana memastikan renovasi usai sebelum Oktober 2017. Pada bulan tersebut, SUGBK akan digunakan untuk test event.

“Saat ini pengerjaan kami masuk dalam pengerjaan tribun yang sudah hampir selesai. Artinya coacting tribun atas sudah akan rampung dan akan mulai dipasang kursi,” ungkap Wikrama.

Untuk kursi tribun penonton SU GBK didaangkan drai Jerman, Sampai saat ini sekitar 40 ribu kursi yang sudah tiba, 40 ribu kursi lainnya masih ditunggu. Sementara pada lapangan proses pengerjaan sudah memulai penanaman rumput Zaysia matrela atau lebih dikenal dengan sebutan rumput manila.

Dalam waktu dekat, SU GBK juga akan memasang lift yang ditempatkan di sebelah selatan dan timur barat stadion.

“Untuk pengerjaan lift kami sudah melakukan pembongkaran dan Mei nanti, passenger lift dan gensetnya sudah masuk. Rencananya, akan ada empat unit lift di sisi barat dan timur. Masing-masing dua,” ungkap dia.

Di samping tambahan lift, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPK GBK Gatot Tetuko mengatakan SUGBK akan dilengkapi sejumlah fasilitas dengan kualitas muktahir.

“Selain ada penambahan empat lift, untuk peralatan keamanan juga akan kami tambah. Perangkat IT broad band wifi dengan high speed, kemudian untuk mengontrol stadium menggunakan building management system yang advance, lighting juga advance di dunia. Jadi akan banyak perubahan dari segi teknologi yang membuat secure, aman, dan nyaman,” ungkap dia.

Share This: