Jakarta Olahraga

Meriahkan HUT ke-65, Kopassus Juga Gelar Turnamen Voli

Jakarta – Kopassus akan merayakan HUT ke-65 pada 16 April nanti. Untuk merayakan peringatan hari jadinya, Kopassus menggelar berbagai turnamen termasuk lomba voli.

“Memasuki tahun 2017 tepatnya pada 16 April, Kopassus genap berusia 65 tahun. Usia yang patut dirayakan,” ungkap Ketua Panitia Danjen Kopassus Open, Kolonel Infantri Agustinus Dedy,  Minggu (5/3/2017).

Komandan Grup 3 Kopassus itu menyebut selayaknya peringatan hari jadi dijadikan ajang untuk membangun kedekatan Korps Baret Merah dengan masyarakat. Selain itu juga untuk meneguhkan posisi Kopassus sebagai bagian dari TNI yang lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Pada peringatan HUT Kopassus kali ini, Grup 3 kebagian menjadi penyelenggara turnamen voli. Danjen Kopassus Open Volley Ball Tournament digelar karena menurut Dedy, voli merupakan salah satu olahraga yang digemari masyarakat.

“Olahraga ini dapat menjadi wadah positif bagi pembinaan watak dan karakter generasi muda Indonesia. Olahraga bola voli telah tumbuh dan menjadi besar Indonesia khususnya Jakarta sejak sekitar lima tahun terakhir,” ucapnya.

“Saat ini peminatnya semakin bertambah seiring dengan banyaknya turnamen bola voli praktis yang selalu ada setiap pekan,” imbuh Dedy.

Bekerja sama dengan Pengurus Pusat PBVSI, turnamen voli Kopassus akan digelar di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, pada 2-7 April 2017. Total hadiah yang disediakan bagi pemenang sebesar Rp 115 juta.

“Danjen Kopassus Open Volley Ball Tournament akan menjadi event pertama yang diselenggarakan oleh Kopassus dengan melibatkan masyarakat luas sebagai aktualisasi kemanunggalan Kopassus dengan rakyat melalui ajang bola voli dengan atmosfer militer pertama di Indonesia,” Dedy menjelaskan.

Sejumlah tim voli sudah mendaftar untuk mengikuti ajang lomba ini, baik dari kategori putri dan putra. Tim-tim tersebut sebagian juga memiliki atlet voli yang sudah cukup ternama. Ketum PBVSI Iman Sudjarwo pun menurut Dedy turut ambil bagian dengan memberi banyak masukan agar turnamen dapat berjalan dengan lancar.

“Dilihat dari tim yanh sudah mendaftar, kemungkinan akan ikut bermain pemain-pemain dari Proliga yang saat ini juga sedang menggelar rangkaian kegiatannya,” tuturnya.

Dedy berharap agar acara-acara yang digelar Kopassus dapat memberi sumbangsih kepada masyarakat. Harapannya adalah agar prajurit Kopassus dapat semakin dekat lagi dengan rakyat.

“Ini sebagai wujud nyata dari semboyan Tribuana Chandraca Satya Dharma sekaligus bentuk karya nyata dan dedikasi bagi negeri. Komando,” kata Dedy.

Selain turnamen voli, sejumlah acara digelar untuk memeriahkan HUT Kopassus. Seperti lomba lari Komando Run yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Lalu juga ada lomba lari khas seperti gaya militer, Komando Warriors.

Kemudian juga lomba menembak, Karate Open Championship, Kopassus Trail Kopassus, Sport Climbing Competition, lomba marching band, hingga funbike. Berbagai acara hiburan dan hadiah menarik serta doorprise disediakan untuk memeriahkan HUT Kopassus tahun ini.

Share This: