Pemilu 2014 Politik

Jokowi-JK Unggul Lagi Di Debat Terakhir

jokowi-jk-unggul

Siar Indonesia, Capres dan cawapres nomor urut 2 Jokowi-Jusuf Kalla kembali unggul di media sosial saat mereka melakukan debat capres terakhir di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (5/7) malam.

Hal itu dibuktikan dengan tampilnya hastag #Jokowi9Juli sebagai trending topic teratas di jejaring sosial Twitter hingga acara debat berakhir.

Hastag “Jokowi9Juli” bahkan mengalahkan hastag “Pilih_No1 PrabowoHatta” yang berada di urutan kedua setelah kabarnya mendapat sokongan dari robot.

Peneliti muda dari Populis Institute David Krisna Alka menilai, keunggulan Jokowi di media sosial itu dimungkinkan, sebab dalam debat yang terdiri dari enam sesi itu, baik Jokowi maupun Jusuf Kalla tampil prima dan percaya diri.

“Keduanya tampak sangat menguasai masalah, terutama soal hutan lindung dan hutan produktif yang memang dikuasai Jokowi yang berlatar belakang pendidikan kehutanan,” kata David kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (5/7) malam.

Menurut David, publik, terutama netizen semakin bersimpati kepada Jokowi-Jusuf Kalla terutama setelah Hatta Rajasa melakukan kesalahan fatal saat bertanya tentang piala Adipura kepada Jokowi-JK.

Dalam debat itu, Hatta menyebut Adipura dengan Kalpataru.

Selain itu, Hatta juga melakukan kesalahan fatal, sebab ketika moderator memberikan kesempatan kepadanya untuk menanggapi pertanyaan Jokowi yang belum dijawab tuntas justru Hatta malah balik bertanya, dan moderator tidak memberikan kesempatan kepada Jokowi untuk menjawab, sebab memang bukan porsinya bagi Jokowi-JK untuk menjawab.

David juga menduga dalam debat tersebut, Prabowo-Hatta tampaknya memaksakan diri untuk balas dendam atas kekalahan dalam debat sebelumnya, sehingga di babak terakhir, keduanya membuka pertanyaan dengan kata-kata “setujukah bapak …”

Pertanyaan itu, menurut David, mengandung harapan agar Jokowi-JK sependapat dengan Prabowo-Hatta sehingga posisinya 1-1.

David memberikan apresiasi kepada moderator Rektor Universitas Diponegoro Prof. Sudharto P Hadi, PhD, yang disebutnya sangat tegas dan patuh pada aturan main.

Share This: