Pemilu 2014 Politik

Jokowi Akan Temui Pimpinan Partai di Koalisi Permanen Merah Putih

koalisipermanen

Siar Indonesia, Jakarta – Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan menemui sejumlah pimpinan partai yang sempat ikut deklarasi koalisi permanen Merah Putih. Pertemuan itu akan dilakukan setelah Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil pemilihan presiden dan wakil presiden pada Selasa (22/7/2014) pekan depan.

Siapa petinggi parpol yang bakal ditemui Jokowi?

Juru bicara tim pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla, Marwan Djafar hingga kini masih enggan menyebutnya. Tapi, yang pasti dengan kondisi perhitungan real count yang mengarah pemenangan Jokowi-JK, maka tidak mengherankan kalau koalisi Jokowi-JK jadi daya tarik. “Itu nanti lah. Kalau Pak Jokowi kan belum ketemu. Tapi, antar timses kami sudah komunikasi,” kata Marwan saat berbincang dengan detikcom, Minggu (20/7/2014).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu menilai meski disebut ‘permanen’, namun koalisi Merah Putih yang dideklarasikan pada Senin (14/7/2014) lalu itu belum memiliki ikatan moral, maupun ideologi.

“Bahwa koalisi permanen itu dibuat sekali lagi sangat cair, tidak punya ikatan, ideologi, moral, tapi bahwa koalisi ini permanen sesungguhnya bersifat pragmatis dan orientasinya kekuasaan,” kata Marwan.

Dia mengaku saat ini sejumlah petinggi dari partai yang ikut deklarasi koalisi permanen justru berusaha menjalin komunikasi dengan kubu Jokowi-JK. Tujuannya agar diterima bergabung di ‘gerbong’ yang dimotori oleh PDI Perjuangan dan berangotakan PKB, Partai NasDem, Partai Hanura serta PKPI.

Menurut Marwan, pihak Jokowi-JK tentu akan menerima bergabungnya sejumlah parpol dari Koalisi Permanen. Tapi, tentunya juga harus dengan syarat serta persamaan visi misi.

Sumber: Detik.Com

Share This: