Berita Jakarta Nasional

Jalan Lurus dan Panjang Jadi Tantangan Saat Memasuki Tol Cipali

Tol Cipali

Di tahun 2015 ini, para pemudik akan mendapatkan pengalaman baru ketika pulang kampung. Dengan dibukanya jalur tol baru yaitu Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali), pemudik dapat memotong jalur lebih cepat dari Jakarta menuju ke Cirebon.

Ketika kita menjajal jalur tol pada Selasa (7/7/2015), kesan pertama yaitu sambutan jalan beton yang lurus dan panjang. Gerbang tol Cikopo sendiri berada di KM 77 apabila masuk dari gerbang tol Cikarang Utama.

Belum tampak kepadatan arus mudik di H-10 sekarang ini. Dominasi kendaraan pribadi terlihat di tol yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada Sabtu (13/6) lalu.

Di gerbang tol Cikopo sendiri ada 6 pintu tol. Untuk arus mudik 2015 sendiri, pengelola memangkas biaya tol menjadi Rp 72 ribu yang biasanya memakan biaya sebesar Rp 96 ribu sampai ke gerbang tol Palimanan, diskon 25 persen sudah berlaku. Namun terlihat pula ada 5 pintu tol cadangan yang belum dioperasikan secara sempurna di sisi kiri jalan.

Jalan tol sepanjang 116 km itu memiliki 2 lajur dengan lebar sekitar 7 meter dari arah Jakarta menuju ke Cirebon. Kondisi yang sama juga bagi jalur Cirebon menuju ke Jakarta.

Kedua jalur itu dipisahkan median jalan berupa parit sedalam kurang lebih 30-60 cm. Pemandangan berupa sawah dan hutan terlihat di sepanjang perjalanan.

Meskipun jalan tol yang baru diresmikan itu masih mulus dan memicu pengemudi untuk memacu kendaraannya, sebaiknya agar tetap waspada. Kontur jalan yang cenderung lurus dan panjang bisa membuat pengemudi bosan dan mengantuk.

Di beberapa titik terutama apabila mendekati pintu keluar tol sudah dilengkapi penerangan jalan. Namun di sepanjang jalur masih belum terlihat penerangan yang mencukupi.

Apalagi posisi tol yang jarang melewati perkampungan tentu menjadi perhatian lebih bagi pemudik yang melintas pada malam hari. Sebab pemudik hanya akan mengandalkan lampu mobil atau pantulan dari mata kucing yang terpasang di sepanjang jalan.

Untuk tempat peristirahatan atau rest area sendiri, di sepanjang Tol Cipali direncanakan ada 8 rest area di kanan-kiri jalan. Namun saat kita melintas dari Cikopo ke Palimanan hanya ada 1 rest area yang sudah benar-benar siap yaitu di KM 102.

Di masing-masing jalur ada 4 rest area yang terdiri dari 2 rest area dengan SPBU dan 2 rest area tanpa SPBU. Untuk rest area dengan SPBU ada di KM 102 dan KM 166, sisanya yaitu di KM 86 dan KM 130.

Di setiap rest area ada masjid atau musola serta bangunan shelter bagi pemudik yang ingin beristirahat sejenak. Namun di beberapa rest area masih belum benar-benar selesai dikerjakan.

Untuk pintu keluar tol sendiri ada 7 gerbang yaitu di Cikopo (KM 77), Kalijati (KM 106), Subang (KM 116), Cikedung (KM 148), Kertajati (KM 165), Sumberjaya (KM 180), dan Palimanan (KM 193).

Kondisi tol yang masih mulus memang membuat beberapa pengemudi memacu kendaraannya. Bahkan beberapa truk sedang pun terlihat tancap gas di Tol Cipali karena memang situasi jalan cenderung sepi.

Share This: