Pemilu 2014 Politik Relawan JOKOWI

Jadwal Debat Capres dan Cawapres

debatSiar Indonesia, Pesta demokrasi merupakan topik utama bagi dunia politik baru-baru ini. Partai-partai saling membangun koalisi untuk memenangkan pertandingan demi menjadikan Indonesia yang lebih baik. Masing-masing memiliki karakter yang berbeda, masing-masing juga telah memiliki strategi untuk menarik suara rakyat. Pasalnya, pasangan capres dan cawapres Prabowo-Hatta versus Jokowi-JK akan melangsungkan debat terbuka selama 2 jam malam ini. Dalam debat ini, rencananya akan dipimpin oleh seorang moderator yang akan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing capres-cawapres. Akan ada 4-5 segmen yang diberikan untuk dialog dan iklan layanan masyarakat dari kedua pasangan calon.”Nanti (pertanyaan) ditentukan moderator. Ada 4-5 segmen,” ujar Kepala Humas KPU Robi, Senin (9/6).

Robi mengatakan, 90 menit diberikan kepada masing-masing capres-cawapres untuk berdialog dan 30 menit untuk iklan layanan masyarakat. Untuk keseluruhan durasi debat di hari pertama ini memakan waktu sekitar 2 jam. Komisioner KPU Sigit juga mengatakan debat terbuka capres-cawapres akan diadakan 5 sesi. Terdiri dari 2 kali untuk debat capres, 2 kali untuk debat cawapres dan 1 kali untuk debat pasangan capres dan cawapres. “Debat calon presiden (capres) akan diadakan lima kali. Dua kali untuk debat capres, dua kali untuk debat calon wakil presiden (cawapres) dan satu kali untuk debat pasangan capres dan cawapres,” ungkap Sigit di Gedung DPR, Rabu (21/5) lalu.

Berikut ini jadwal dan tema debat capres-cawapres:

1. Pada 9 Juni yaitu debat capres-cawapres dengan tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum
2. Pada 15 Juni debat capres dengan tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial
3. Pada 22 juni debat capres dengan tema Politik Internal dan Ketahanan Nasional
4. Pada 29 Juni debat cawapres dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK
5. Pada 5 Juli debat capres-cawapres dengan tema Pangan, Energi, dan Lingkungan

Debat capres dan cawapres ini tentunya menarik perhatian masyarakat untuk dapat menimbang-nimbang capres dan cawapres mana layak memimpin Indonesia. Debat terbuka Prabowo-Hatta VS Jokowi-JK ini layaknya sebuah pertandingan yang nantinya akan berefek banyak pada pesta demokrasi 9 Juli mendatang.

Share This: