Hukum Istana Negara Jakarta Menteri Politik Presiden

Isu Reshuffle Menguat, Akankah Jokowi ‘Melangkah Bersama’ SBY?

Jakarta – Kabar santer Partai Demokrat dan PAN bakal masuk kabinet Jokowi pasca reshuffle. PAN sudah menegaskan siap menghibahkan kadernya untuk kabinet kerja, apakah Ketum PD SBY juga bersiap merelakan kadernya?

Meski mengambil posisi sebagai partai penyeimbang atau istilah SBY berpolitik ‘nonblok’, namun faktanya hubungan PD lebih mesra dengan pemerintahan Jokowi dibandingkan dengan Koalisi Merah Putih. Dalam berbagai kesempatan SBY terus menegaskan sikap PD mendukung pemerintahan Jokowi-JK.

Hangatnya komunikasi PD, khususnya SBY, dengan Jokowi bahkan terlihat jelas di arena Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya. Presiden Joko Widodo membuktikan janjinya pada SBY untuk hadir di pembukaan kongres.

Kehadiran Jokowi pun disertai ajakan melangkah bersama SBY dan PD. “Sudah saatnya kita melangkah bersama untuk tugas berikutnya, mewujudkan Indonesia berdaulat dan berkepribadian,” kata Jokowi dalam pidatonya Selasa (12/5/2015) malam itu.

Jokowi yang ditanya wartawan usai acara pun hanya tertawa. Dengan didampingi SBY di sampingnya, Jokowi menyebut memang sudah seharusnya partai politik semakin mesra.

“Semua partai sekarang semakin mesra, kan bagus untuk negara. Bagus untuk bangsa,” ucapnya.

Lalu akankah reshuffle kabinet yang kabarnya bakal digelar jelang Lebaran nanti akan menyatukan SBY dan Jokowi untuk melangkah bersama?

“Kalau Demokrat wait and see. Arahan ketum kita menjadi partai penyeimbang,” kata salah seorang elite PD kepada detikcom, Senin (22/5/2015).

Share This: