Lingkungan

Gempa 5,2 SR Guncang Halmahera Barat, Kedua Kalinya

Gempa 5,2 SR Guncang Halmahera Barat

Jakarta – Gempa dengan kekuatan 5,2 Skala Richter mengguncang wilayah Halmahera Barat pada Kamis (23/10/2014) sekitar pukul 13.59 WIB. Ini gempa yang kedua kali menggoncang wilayah ini.
Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa ini berada pada koordinat 1.83 Lintang Utara (LU) dan 127.30 Bujur Timur (BT).
Pusat gempa berada pada kedalaman 87 kilometer. Selain itu gempa berada pada 57 kilometer barat laut Halmahera barat, 71 kilometer barat laut Halmahera utara, 113 kilometer barat laut Ternate, 125 km barat laut Sofifi, Maluku Utara.
Daerah yang terdekat dengan pusat sebagian besar tersusun oleh endapan aluvium berumur kuarter, dan endapan sedimen tersier. Pada daerah yang disusun oleh endapan aluvium, dan endapan sedimen tersier yang terlapukkan diperkirakan goncangan gempabumi akan lebih kuat karena batuan ini bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek getaran, sehingga rentan terhadap goncangan gempabumi.
Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan akibat gempa. BMKG memastikan gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.
Sebelumnya, gempa pernah mengguncang wilayah ini pada 27 Maret lalu sekitar pukul 03.47 WIB. Saat itu, kekuatan gempa sebesar 5,6 SR. Sama dengan gempa yang terjadi hari ini, gempa saat itu tak berpotensi tsunami dan tidak menimbulkan korban jiwa. (ima rusdiana)

Sumber: http://nefosnews.com/post/lingkungan/gempa-5-2-sr-guncang-halmahera-barat-kedua-kalinya

Share This: