Pemilu 2014 Politik

ESP Terima Kekalahan di Sumatera Selatan

Eddy-Santana-Putra
Eddy Santana Putra

Siar Indonesia, PALEMBANG – Ketua tim pemenangan pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Joko Widodo (Jokowi )-Jusuf Kalla (JK) Sumatera Selatan (Sumsel), Eddy Santana Putra (ESP), menerima kekalahan pasangan tersebut di Palembang.

Menurut Eddy, hasil rekapitulasi suara Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dilakukan KPU Kota Palembang, tidak jauh berbeda dengan hasil real count yang dilakukan DPD PDI Perjuangan Sumsel.

Dalam rekapitulasi yang dilakukan KPU terang Eddy, pasangan Jokowi-JK memang kalah perolehan suara dibandingkan pasangan nomor urut 1, Prabowo-Hatta. Hasil ini sebutnya, sama dengan real count dari C1 yang dikumpulkan dari saksi-saksi Jokowi-JK di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami apresiasi kinerja KPU Palembang, yang telah menjalankan tugasnya secara profesional dan tidak berpihak pada salah satu pasangan calon. Pasangan Jokowi-JK, memang kalah di Kota Palembang,” kata Eddy yang dibincangi usai rapat pleno rekapitulasi suara Pilpres 2014 di KPU Kota Palembang, Rabu (16/7).

Namun menurut mantan Wali Kota Palembang ini, ada sejumlah pelanggaran yang terjadi saat Pilpres. Diantaranya, pengarahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pelanggaran lainnya. “Pelanggaran-pelanggaran itu, akan kami rapatkan dengan partai koalisi pendukung Jokowi-JK. Dari rapat tersebutlah, akan diputuskan bagaimana tindaklanjutnya,” terang Eddy.

Sementara untuk rekapitulasi suara ditingkat provinsi sebut Eddy, memang belum memasuki tahapan. Namun kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsle ini, pihaknya akan mengawasi dan mengawalnya.

Namun dari data internal PDI Perjuangan Sumsel, pasangan Jokowi-JK, kalah tipis di Sumsel. “Itu wajar, mungkin karena pengaruh pak Hatta yang merupakan orang asli Sumsel. Namun itu wajar dan hanya kalah sedikit, tetap berimbanglah,” ucap Eddy.

“Apapun nanti hasilnya, kami terima dengan baik selagi penyelenggara dan pesaing dapat menjalankan kapasitasnya masing masing secara baik juga,” tukasnya.

Sumber: KabarSumatera.Com

Share This: