Kesehatan Seks

Alat Kontrasepsi Tradisional yang Pernah Digunakan Manusia

Siar Indonesia, Kesehatan, Ide kontrasepsi sebenarnya sudah ada sejak puluhan hingga ratusan tahun lali. Namun bedanya masyarakat zaman dulu tidak menggunakan pil, suntik, atau susuk. Karena ilmu pengetahuan dan teknologi saat itu masih terbatas, masyarakat menggunakan berbagai cara unik untuk mencegah kehamilan.
Kebanyakan kontrasepsi yang dilakukan masyarakat dahulu kala masih berlandaskan kepercayaan setempat. Beberapa cara tersebut mungkin ada yang berhasil, tapi sebagian besar tidak efektif dan justru membahayakan kesehatan.

1. Kotoran buaya

Alat Kontrasepsi Tradisional yang Pernah Digunakan Manusia 1Pada zaman 1850 Sebelum Masehi (SM), wanita di Mesir diketahui menggunakan kotoran buaya yang dicampur dengan madu sebagai spermasida. Spermasida adalah bahan kimia yang dimasukkan ke dalam vagina sebelum seks dengan tujuannya untuk membunuh sel sperma yang masuk.
Tingkat keasaman yang rendah pada ramuan kotoran buaya dan madu diduga memiliki efek spermasida sehingga cara ini mungkin saja ampuh untuk mencegah kehamilan.

2. Testis musang

Alat Kontrasepsi Tradisional yang Pernah Digunakan Manusia 2Di Eropa pernah ada satu masa yang disebut sebagai zaman kegelapan (dark age). Pada era antara 100 sampai 500 masehi, masyarakat Eropa memiliki pengetahuan yang minim dan sangat percaya pada takhayul.
Salah satu takhayul yang dipercaya oleh masyarakat di eropa pada zaman itu adalah kontrasepsi menggunakan testis musang. Cara menggunakannya yaitu testis musang diikatkan di paha sebelum seks.
Kontrasepsi menggunakan cara ini tentu saja tidak efektif. Diduga ide menggunakan testis musang muncul dari para dukun yang pada masa itu memang sangat diagungkan.

3. Jus bawang

Alat Kontrasepsi Tradisional yang Pernah Digunakan Manusia 3Wanita di Prancis pada tahun 1700 dilaporkan meminum jus sari bawang sebagai kontrasepsi oral. Tidak jelas darimana praktik ini berasal dan apa khasiatnya yang berhubungan dengan kontrasepsi.
Bawang yang jelas diketahui dapat dijadikan bahan antiseptik dan mengandung vitamin A, B, dan C. Mengonsumsi jus bawang berlebihan akan tetapi dapat mengakibatkan iritasi pada lambung.

4. Air pandai besi

Alat Kontrasepsi Tradisional yang Pernah Digunakan Manusia 4Pandai besi adalah profesi yang pada zaman dahulu populer karena kemahirannya membuat perabotan atau senjata. Namun, di Yunani pada tahun 600 sampai 800 masehi pandai besi juga dicari karena bekas air limbah pekerjaannya.
Wanita Yunani meminum air limbah pandai besi sebagai bentuk kontrasepsi oral. Tidak ada yang tahu pasti mengapa wanita Yunani percaya terhadap cara ini.
Meminum limbah bekas yang mengandung timbal tentu tidak baik untuk kesehatan. Efeknya bagi tubuh yang terkontaminasi timbal bisa menimbulkan masalah saraf, mulai, gagal ginjal, kejang-kejang, koma, dan kematian.

Share This: